Ini Dia Manfaat Madu Buat Bayi dan Balita Tercinta Anda

Madu bayi dan Balita  adalah salah satu bahan makanan dengan kandungan yang paling lengkap. Di dalam madu terdapat berbagai gula murni, vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu madu juga memiliki berbagai sifat seperti antibiotik, antiinflamasi dan lain sebagainya. Hal ini membuat madu dikenal sebagai bahan makanan ajaib karena manfaatnya yang sangat banyak bagi manusia.
Madu adalah salah satu bahan makanan yang tidak mudah rusak dan tidak bisa basi. Namun madu yang telah diolah dan mendapat campuran air atau gula memiliki sifat yang lebih rentan dan mudah rusak. Madu sendiri sangat mudah untuk bereaksi terhadap air di dalam tubuh manusia. Hal ini mengakibatkan jika anda rutin mengkonsumsi madu maka pencernaan anda juga menjadi lebih lancar dan lebih baik.
Meskipun madu sangat banyak manfaatnya namun ada hal yang perlu anda perhatikan. Madu TIDAK BOLEH diberikan pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun. Hal ini dikarenakan di dalam madu terdapat spora dan bakteri Clostridium Botulisme atau botulisme. Spora botulisme sangatlah berbahaya bagi kesehatan bayi anda. Karena daya tahan bayi yang belum kuat maka spora botulisme ini akan langsung berefek pada tubuh si bayi dan dapat mengakibatkan si bayi menjadi mudah terserang penyakit.
Madu mentah yang diberikan pada bayi dapat mengakibatkan berbagai masalah seperti sembelit, susah makan, lemas, rewel hingga sulit bernafas.

Manfaat Madu Buat Bayi 

 Oleh karena itu hindari madu mentah yang diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun. Untuk bayi yang sudah berusia di atas 1 tahun madu boleh diberikan namun harus tetap diawasi jika terjadi gejala-gejala seperti kesakitan, rewel atau tidak enak badan segera hentikan penggunaan madu dan bawa anak anda ke dokter anak terdekat.

Meskipun madu sangat berbahaya untuk diberikan pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun namun untuk bayi yang berusia di atas 1 tahun pemberian madu dapat memberikan manfaat bagi si bayi. Berikut ini beberapa manfaat madu untuk bayi dan balita.

  • Mengatasi Demam
Madu dapat digunakan untuk mengobati demam yang menyerang balita anda. Cara mengatasinya pun mudah anda tinggal mencampurkan satu sendok madu murni dan satu sendok air hangat, aduk rata. Setelah itu berikan pada balita untuk diminum sebanyak 2 kali sehari. Selain itu anda juga bisa mencampurkan madu murni dengan kuning telur ayam kampung, aduk rata kedua bahan ini menjadi satu lalu berikan pada balita anda. Dalam waktu beberapa hari demamnya akan segera turun.

  • Menstimulasi Perkembangan Otak
Madu juga memiliki manfaat untuk menstimulasi perkembangan otak agar menjadi lebih baik lagi. Bayi atau balita yang rutin mengkonsumsi bayi akan lebih mudah mengenali lingkungannya, matanya menjadi lebih tajam dan daya tangkapnya berkembang lebih cepat.

  • Membantu Pertumbuhan Tulang dan Gigi
Pertumbuhan tulang dan gigi sangatlah dipengaruhi oleh vitamin D dan kalsium yang ada di dalam tubuh. Di dalam madu terdapat kandungan vitamin D dan kalsium yang cukup tinggi sehingga tidak heran jika bayi yang rutin mengkonsumsi madu giginya akan lebih cepat tumbuh dan pertumbuhan badannya pun menjadi lebih optimal.

Menghindari Masalah Pencernaan
Madu kerap dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pencernaan yang sedang menyerang bayi atau balita. Hal ini dikarenakan di dalam madu terdapat kandungan yang dapat mengikat bakteri penyebab sakit perut atau diare pada anak. Dengan mencampurkan madu ke dalam bahan makanan anak maka masalah pencernaan juga akan teratasi dengan sendirinya.

Demikianlah informasi mengenai manfaat madu untuk bayi dan balita. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Cari Tahu : Madu Obat Lambung 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Dia Manfaat Madu Buat Bayi dan Balita Tercinta Anda"

Posting Komentar