Hal Hal Yang Unik Dari Lebah Madu Yang Belum Anda Tahu


Hal Hal Yang Unik Dari Lebah Madu Yang Belum Anda Tahu - Kalau membahas tentang madu dan lebahnya memang tidak akan ada habisnya karena ada banyak sekali pengetahuan yang bisa anda dapatkan didalamnya. Beberapa orang hanya tahu pada lebah madu menghasilkan madu yang berasal dari nektar atau buah yang diambil dan dibawa ke sarang sehingga sewaktu masa panen tiba, para petani tinggal mengambil hasil madu tersebut. Ada banyak sekali hal hal unik dari lebah madu yang belum anda tahu seperti perilakunya, masa hidup, dan hal lain yang unik tentunya.

Keajaiban Madu Asli

Pada sebuah koloni sarang lebah madu terdapat lebah sekitar 20 ribu sampai 60 ribu dengan satu ratu di dalamnya. Maka dari itu jika anda sekali saja mengganggu sarang lebah akan berhadapan dengan ribuan lebah madu tersebut yang siap menyengat anda. Berikut ini merupakan hal unik dari lebah madu tersebut :
-          Lebah madu sudah ada sejak 30 juta tahun yang lalu dan merupakan serangga yang memproduksi makanan untuk dikonsumsi oleh manusia.
-          Tahukah andaMadu dalam Isl bahwa masa hidup lebah hanya 6 sampai 8 minggu saja? Lebah madu yang mengumpulkan madu hanya bertahan pada usia tersebut dan kebanyakan dari lebah yang mengumpukan tersebut berjenis betina.
-          Lebah madu pekerja memiliki otak sebesar 1 mm kubik dan merupakan hewan dengan jaringan neuropile terpadat dari spesies hewan lain.
-          Dalam sebuah sarang terdapat lebah madu jantan yang tidak ikut serta dalam mengumpulkan madu, hanya berguna untuk saat kawin saja.

Baca juga :  Madu Dalam Islam 


-          Pada satu koloni lebah madu terdapat ratu yang bisa hidup sampai 2 atau 3 tahun dengan masa hidup dihabiskan untuk kawin dan bertelur saja. Ada yang unik nih dari ratu lebah madu tersebut karena sehari bisa menghasilkan telur sebanyak 2.500 butir sehari.
-          Tahukah anda bahwa royal jelly yang dihasilkan oleh lebah mirip dengan susu yang terbuat dari serbuk sari yang dicerna dengan madu dan ditambahkan bahan kimia yang ada dalam kelenjar kepala lebah perawat, royal jelly ini sebagai makanan diet khusus untuk ratu lebah.
-          Sarang lebah madu merupakan lilin yang berasal dari kelenjar yang terdapat pada bawah perut lebah madu yang bisa menghasilkan lilin. Banyak orang yang kini menggunakan sarang tersebut sebagai lilin untuk memoles hasil kerajinan kayu atau benda lain karena memiliki kualitas yang tinggi.
-          Dalam menghasilkan lilin tersebut, lebah harus mengumpulkan madu sekitar 8 sampai 10 kologram madu dengan hasil 500 gr lilin.
-          Pada satu koloni lebah madu hanya lebah pekerja saja yang memiliki sengat dan apabila merasa terancam hidup mereka akan mengeluarkan sengat tersebut namun berguna hanya sekali seumur hidup setelah itu lebah akan mati.
-          Untuk membutuhkan serangan fatal pada manusia membutuhkan sekitar 1.100 sengatan dari lebah
-          Dalam satu menit lebah pekerja dapat mengepakkan sayap sampai 11.400 kali, itu sebabnya ketika ada lebah madu disekitar kita akan terdengar dengungan tersebut.
-          Dalam mengumpulkan madu, biasanya lebah madu memiliki area jangkauan hanya radius 10 km saja.
-          Dalam masa hidupnya, satu lebah pekerja hanya bisa mengumpulkan madu rata – rata sekitar 0.81 gram saja.
-          Mikroba tidak dapat bertahan hidup dalam madu sehingga terkenal sebagai bahan makanan yang awet walau diletakkan di tempat yang kering sekalipun.
Banyak manfaat yang kita dapatkan dari hasil madu tersebut namun butuh banyak pengorbanan dalam satu koloni untuk mengumpulkannya. Maka dari itu madu memiliki khasiat yang tidak ada duanya dari bahan lain.

Penting dibaca : Madu kecantikan dan Kesehatan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hal Hal Yang Unik Dari Lebah Madu Yang Belum Anda Tahu "

Posting Komentar