Ciri Madu Asli Tidak Disukai Semut dan Tidak Beku di Kulkas

Harga Madu Asli adalah suplemen kesehatan yang telah diketahui manfaat dan khasiatnya oleh banyak orang. Madu sendiri dikenal sebagai salah satu bahan makanan dengan berbagai macam kandungan vitamin, nutrisi dan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk menjaga kesehatan tubuh ternyata madu juga sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Dua hal tersebut adalah salah satu manfaat dari madu secara umum. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat madu yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.
Artikel kali ini akan membahas secara lengkap bagaimana cara mengetahui sebuah madu adalah madu asli atau madu campuran. Di tengah masyarkat telah banyak beredar beberapa teori yang menyatakan dapat mengetahui madu asli secara tepat, namun pada kenyataannya beberapa teori tersebut tidak selalu tepat. Telah muncul beberapa pengecualian yang membuat teori pengujian madu tersebut menjadi tidak valid. Berikut ini adalah beberapa teori mengenai cara mengetahui madu yang asli atau madu yang tidak asli.

Madu Asli Tidak Disukai Semut
Hal ini adalah salah satu teori yang sudah beredar di tengah masyarakat. Teori ini memanglah sebuah teori yang jujur namun tidak bisa dijadikan tolok ukur mutlak dalam menjelaskan suatu produk madu adalah asli atau telah mendapatkan campuran. Madu pada dasarnya memang tidak disukai semut walaupun kandungan utama yang ada di dalam madu adalah glukosa alam yang memiliki rasa manis. 

Baca Juga : Madu Obat Sakit Gigi 

Hal ini bisa terjadi karena kandungan air yang ada di dalam madu sangatlah rendah sehingga saat semut akan mengambil madu mereka akan kesulitan karena kekentalan dari madu itu sendiri.
Namun hal ini tidak berlaku jika madu yang dipanen oleh para petani madu itu dilakukan pada saat musim hujan. Saat musim hujan, nektar yang diambil oleh para lebah madu mengandung air lebih banyak sehingga madu yang dihasilkan pun memiliki kandungan air yang tinggi. Hal ini menyebabkan kekentalan madu sedikit berkurang dan semut bisa dengan mudah mengambil madu dalam keadaan ini. Jadi walaupun madu tersebut 100% asli, semut masih tetap akan mengerubunginya. Hal ini mengakibatkan metode ini tidak bisa dipercaya akurasinya 100%.

Tes kedua ini juga tidak bisa dianggap 100% benar karena akurasinya yang kurang kuat. Teori ini sudah banyak beredar di masyarakat melalui jagat dunia maya padahal belum bisa dipastikan kebenarannya. Memang madu asli lebih sukar untuk membeku namun tidak menutup kemungkinan bahwa madu asli tetap bisa membeku saat dimasukkan ke dalam freezer. Hal ini dikarenakan secara standar kandungan air di dalam madu adalah sekitar 17 - 22% sehingga proses pembekuan menjadi lebih sulit karena kandungan air yang terlalu sedikit di dalam madu.
Namun dalam beberapa kasus sering terjadi kandungan air yang lebih banyak dari kisaran standar di atas, dan hal inilah yang menyebabkan madu menjadi membeku saat diletakkan di dalam freezer padahal madu tersebut 100% asli tanpa campuran. Hal ini terjadi hampir sama seperti kasus madu murni yang dikerubungi oleh semut. Kandungan air di dalam madu murni ini menjadi lebih tinggi karena memang kandungan nektar yang dikumpulkan oleh lebah madu tersebut cukup tinggi dan hal ini biasa terjadi pada madu yang dipanen pada musim hujan. Jadi uji teori ini tidak bisa dikatakan 100% valid namun juga tidak bisa dikatakan bahwa teori uji ini tak valid.

Demikianlah informasi mengenai Ciri Madu Asli Tidak Disukai Semut dan Tidak Beku di Kulkas. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Penting Dibaca : Daftar Harga Merk Madu Asli 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Madu Asli Tidak Disukai Semut dan Tidak Beku di Kulkas"

Posting Komentar